Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik
Visitors : 160310 visitors
Hits : 36 hits
Today : 29 users
Online : 4 users
:: Kontak Admin ::

info@smpn1sukodono-lmj.sch.id
SKODSA Chat in

Info :

Berikan Saran dan Komentar Anda dengan baik dan sopan. Terima Kasih.

PEDOMAN TEKNIS PELAKSANAAN SELEKSI
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I. Latar Belakang
1. Bahwa penerimaan peserta didik dengan cara yang lebih baik diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
2. Sekolah dapat melaksanakan seleksi calon peserta didik sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Lumajang.
3. Seleksi calon peserta didik dengan mempertimbangkan hasil Sistem Zonasi, hasil tes akademik/tes tulis, Hasil Ujian Sekolah berstandar Nasional (USBN) bagi SD/MI, dan prestasi akademik atau non akademik.

II. Sasaran
Sasaran penerimaan Peserta Didik Baru melalui seleksi ini adalah peserta didik yang melanjutkan ke jenjang SMP, SMA/SMK Negeri di Kabupaten Lumajang dengan jumlah pagu yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.

III. Tujuan
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bertujuan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi Warga Negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

IV. Sistem Seleksi
Sistem seleksi menggunakan Sistem Skoring Terpadu (SST) yang merupakan gabungan dari beberapa aspek sebagai berikut:

  • Zonasi
  • Perolehan Nilas USBN (SD/MI)
  • Tes Akademik / Tes Tulis
  • Prestasi Akademik / Non Akademik.

V. Jadwal Pelaksanaan


No

Jadwal PPDB

Penangggung Jawab

1

Pendaftaran
(Pengambilan dan Penyerahan Formulir)

Senin-Rabu, 3 ? 5 Juli 2017 pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB
atau dapat download di http//www.smpn1sukodono.lmj.sch.id. (tidak dipungut biaya)

Panitia Sekolah

2

Tes Tulis

Kamis, 6 Juli 2017
pukul 08.00 WIB ? Selesai

Panitia Sekolah

3

Pengolahan

Jumat-Senin, 7 s.d. 10 Juli 2017

Panitia Kabupaten

4

Pengumuman

Selasa, 11 Juli 2017
pukul 10.00 WIB

Panitia Sekolah

5

Daftar Ulang

Rabu-Jumat, 12 ? 14 Juli 2017
pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB

Panitia Sekolah

6.

Persiapan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

Sabtu, 15 Juli 2017

Panitia Sekolah

7.

Awal Tahun Pelajaran 2017-2018

Senin, 17 Juli 2017

Panitia Sekolah

8.

Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

Senin s.d. Rabu, 17 s.d. 19 Juli 2017

Panitia Sekolah

VI. Persyaratan Pendaftaran
1. Menyerahkan formulir pendaftaran.
2. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan Kartu Keluarga (KK) Asli.
3. Menyerahkan fotocopy? IJAZAH / Surat Keterangan Lulus sebanyak? 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir.
4. Menyerahkan SKHUSBN ASLI / keterangan Nilai beserta fotocopynya sebanyak 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir.
5. Menyerahkan Pas photo ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar.
6. Menyerahkan piagam prestasi ASLI dan fotocopynya sebanyak 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir kepala sekolah.
7. Bagi calon peserta didik dari luar kabupaten Lumajang wajib menyerahkan Surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten / kota asal dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.
8. Bagi calon peserta didik yang diterima wajib mengikuti Masa Pengenalan Sekolah (PLS) tanggal 17-19 Juli 2017 di sekolah masing-masing.

VII. Mekanisme Pendaftaran

  • Calon peserta didik mendaftarkan diri pada satuan pendidikan yang menjadi pilihannya, yaitu pada satuan pendidikan pilihan I (satu).
  • Calon peserta didik mengisi blanko pendaftaran dengan mencantumkan pilihan I dan II. Kemudian calon peserta didik menyerahkan kembali blanko yang sudah diisi dengan menyertakan persyaratan yang telah ditentukan.
  • Calon peserta didik mendapatkan nomor peserta pendaftaran dari panitia
  • Calon peserta didik mengikuti test akademik (tes tulis) di satuan pendidikan tempat mendaftarkan diri (satuan pendidikan pilihan I).

VIII. Pilihan Satuan Pendidikan

  • Untuk memberikan kemudahan bagi calon peserta didik maupun orang tua/masyarakat, maka dalam PPDB ini calon peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih dengan 2 (dua) pilihan Satuan Pendidikan yang dikehendaki, yaitu pilihan I dan pilihan II; dengan ketentuan sebagai berikut:

Model

Pilihan 1

Pilihan 2

I

Sekolah dalam zona

Sekolah dalam zona

II

Sekolah dalam zona

Sekolah luar zona

III

Sekolah luar zona

Sekolah dalam zona

  • Pengelompokan zona Penerimaan Peserta Didik Baru adalah sebagai berikut:

Zona I

Meliputi daerah Kecamatan Lumajang, Kecamatan Sukodono, Kecamatan Sumbersuko, Kecamatan Kedungjajang, Kecamatan Tekung, Kecamatan Padang.

Zona II

Meliputi Kecamatan Tempeh, KecamatanPasirian, Kecamatan Candipuro, Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Tempursari.

Zona III

Meliputi Kecamatan Yosowilangun, Kecamatan Kunir, Kecamatan Rowokangkung

Zona IV

Meliputi Kecamatan Jatiroto, Kecamatan Randuagung, Kecamatan Klakah, Kecamatan Ranuyoso.

Zona V

Meliputi Kecamatan Gucialit, Kecamatan Senduro, Kecamatan Pasrujambe.

  • Pilihan 1 adalah pilhan utama peserta didik ke satuan pendidikan yang dikehendaki. Sedangkan pilihan 2 adalah pilihan peserta didik ke satuan pendidikan jika pada pilihan 1 tidak diterima sesuai dengan batas akhir pagu yang diterima.
  • Peserta didik diperbolehkan hanya memilih satu pilihan yaitu pilihan 1 sebagai pilihan utamanya.
  • Tempat pendaftaran adalah satuan pendidikan yang menjadi pilihan 1.
  • Tempat test adalah satuan pendidikan yang menjadi pilihan 1.
  • Calon peserta didik hanya diterima di 1 (satu) satuan pendidikan dan diprioritaskan pada pilihan 1.
  • Bagi calon peserta didik yang tidak diterima pada pilihan 1 dan 2, dapat mendaftarkan ke satuan pendidikan yang masih kekurangan pagu.

IX. Prosedur Pelaksanaan Tes Akademik (Tes Tulis) dalam Seleksi PPDB

  • Tes Akademik dilaksanakan di semua satuan pendidikan jenjang SMP Negeri dengan waktu yang bersamaan.
  • Tes Akademik ini disamping untuk pertimbangan dalam PPDB juga berfungsi untuk mengetahui kompetensi awal calon peserta didik.
  • Tes Akademik meliputi mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.
  • Bentuk tes Akademik adalah pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 100 soal yang terdiri dari : 30 soal Matematika, 35 soal IPA dan 35 soal Bahasa Indonesia dengan alokasi waktu 150 menit.
  • Pemeriksaan hasil test akademik dilakukan dengan scanner.

X. Tanda Penghargaan / Piagam / Sertifikat
Penghargaan yang dapat dipertimbangkan adalah:

  • Prestasi di bidang olah raga, seni dan lomba mata pelajaran yang memiliki jalur berjenjang secara berkesinambungan mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, Nasional, Internasional, yang diperoleh secara perorangan dan atau beregu (tim) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan atau Instansi Pemerintah. Khusus beregu (tim) diakui dengan kejuaraan minimal tingkat propinsi.
  • Untuk prestasi yang tidak berjenjang adalah prestasi yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan / instansi / perguruan tinggi dengan kejuaraan minimal tingkat provinsi.
  • Prestasi yang diakui yaitu penghargaan /Piagam :
    • Untuk SD/MI mulai tingkat Kecamatan sampai Internasional dengan usia perolehan tidak lebih dari 3 tahun.
    • Piagam, Sertifikat, Surat Keterangan, dll sebagai bukti Prestasi/ Kejuaraan Bidang Akademik/Non Akademik yang diperhitungkan adalah 1 jenis yang memiliki skor tertinggi.
  • Skor Perolehan Prestasi

No.

Juara Tingkat

Juara I

Juara II

Juara III

1

Internasional

1000

950

800

2

Nasional

700

650

600

3

Provinsi

500

450

400

4

Kabupaten / Kota

300

250

200

5

Kecamatan

150

100

50

XI. Komponen dan Pembobotan
Komponen yang dipertimbangkan dalam seleksi pembobotan meliputi:

  • Zonasi dengan bobot 20 % (dalam zona), Luar zona (10%), Luar Kabupaten (5%).
  • Perolehan Nilai USBN/UMBN dengan bobot 30%.
  • Hasil tes tulis dengan bobot 40%.
  • Prestasi Akademik/Non Akademik dengan bobot 10%.
  • Jika dalam penilaian diberikan skor 10.000, maka masing-masing komponen memperoleh skor maksimal sebagai berikut:

Nilai Zonasi = 2000
Nilai NUN/UAS = 3000
Nilai Tes tulis = 4000
Nilai Prestasi = 1000

No

Zonasi

Skor Maksimal

1

Dalam Zona

20 % (2000)

2

Luar Zona

10 % (1000)

3

Luar Kabupaten

5 % (500)

Nilai Ujian yang digunakan dalam seleksi adalah:
SD/MI menggunakan Nilai USBN hasil Ujian tahun 2017, atau Nilai US hasil ujian tahun sebelumnya untuk mendaftar ke jenjang SMP Negeri.

XII. Perhitungan Skor

Skor Zonasi = Skor Zona yang diperoleh siswa x 2000
                                       Skor Maksimal
Skor NUN/NUS = Jumlah NUSBN yang diperoleh siswa x 3000
                                 Jumlah NUSBN Maksimum
Skor Tes Tulis = Skor Tes Tulis yang diperoleh siswa  x 4000
                                    Skor Maksimum (100)
Skor Prestasi = Skor Prestasi yang diperoleh siswa  x 1000
                          Skor Prestasi Maksimum (1000)
Skor Akhir Siswa =?Skor Zonasi + Skor NUSBN + Skor Tes Tulis + Skor

XIII.?Pengumuman
Pengumuman Peserta Didik yang dinyatakan diterima di SMP Negeri 1 Sukodono tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017, pukul 10.00 WIB.

XIV. Daftar Ulang
1. Bagi Calon Peserta Didik yang dinyatakan diterima di SMP Negeri 1 Sukodono tahun pelajaran 2017/2018, wajib mendaftar ulang pada tanggal 12 ? 14 Juli 2017, pukul 08.00 ? 12.00 WIB, dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Menyerahkan Tanda Bukti Pendaftaran asli.
b. Menyerahkan Daftar Isian Peserta Didik, yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani oleh calon peserta didik diketahui orang tua / wali.
c. Menyerahkan Surat Pernyataan sebagai Peserta Didik SMP Negeri 1 Sukodono tahun pelajaran 2017/2018.
2. Bagi calon peserta didik yang sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak mendaftar ulang, dinyatakan gugur.

XV. Lain-lain
1. Pagu Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (SPPDB) Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono, tahun pelajaran 2017/2018, seluruhnya adalah 9 rombongan belajar sebanyak 288 orang.
2. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan :
Kantor SMP Negeri 1 Sukodono :
a. Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 2? Lumajang
b. Telp : 0334-882292
c. WebSite ?: www.smpn1sukodono-lmj.sch.id
d. E-mail : smpn1sukodono-lmj@yahoo.co.id
e. Kontak Person :085 236 114 055 (Karyani, S.Pd)
085 648 816 359 (Drs. Agus Suryono, M.Pd)

Sukodono, 15 Juni 2017
Kepala Sekolah

ttd

SUJANAR, S.Pd. M.M.
NIP. 19650708 198803 1 014


Donwload FORMULIR PENDAFTARAN?